images

10 November 2023

Amankah Menyimpan Dana di BPR ?

BPR merupakan salah satu lembaga penyedia jasa keuangan yang kegiatan usahanya sama seperti bank pada umumnya, yaitu melakukan penghimpunan dana dan juga menyalurkan dana dalam bentuk kredit. Masyarakat pada umumnya mengenal BPR sebagai lembaga yang memberikan layanan jasa keuangan dalam bentuk kredit. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri, mengingat sebelumnya BPR merupakan singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat sehingga gambaran tentang kredit merupakan produk utama di BPR.

Saat ini BPR telah mengalami perubahan nama dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). Peran BPR sangat penting sebagai salah satu penggerak roda perekonomian masyarakat dan terus mengalami perkembangan baik dari sisi pelayanan kepada masyarakat maupun dari sisi tata kelola.

Masyarakat dapat menggunakan layanan keuangan yang dimiliki oleh BPR seperti produk Kredit maupun simpanan baik dalam bentuk tabungan maupun deposito. Mungkin bagi beberapa orang berfikir bahwa ke BPR hanya sekedar untuk melakukan pengajuan kredit saja. Padahal terdapat produk simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito yang memiliki berbagai keunggulan, diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Suku bunga tabungan dan deposito yang menarik dan kompetitif
2. Biaya administrasi ringan dan bahkan bebas biaya
3. Saldo minimum tabungan rendah
4. Tabungan dan Deposito dapat dijadikan sebagai agunan kredit
5. Layanan jemput bola oleh petugas BPR sehingga tidak perlu repot datang ke Bank
6. Simpanan tabungan dan deposito aman karena dijamin LPS

Masyarakat dapat menggunakan berbagai produk simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito. Di BPR Restu Klepu Makmur sendiri memiliki beberapa produk tabungan yang menarik, dari jenis produk Tabungan Restu yang bebas biaya administrasi bulanan hingga produk Tabungan Arisan. Selain itu terdapat beberapa produk Deposito dengan jangka waktu 3 hingga 12 bulan dengan suku bunga yang menarik dan kompetitif.

Lalu apakah menyimpan dana di BPR Restu Klepu aman? Mungkin sebagian orang masih memiliki pertanyaan terkait keamanan simpanan di BPR. Masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut, mengingat BPR Restu Klepu Makmur adalah anggota LPS sehingga simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito yang ada di BPR Restu Klepu Makmur di jamin oleh LPS. Simpanan masyarakat yang dijamin LPS harus memenuhi ketetuan 3T, yaitu Tercatat pada pembukuan Bank, Tingkat bunga simpanan yang diperoleh tidak melebihi bunga penjaminan LPS, dan Tidak menyebabkan bank menjadi gagal, misalnya memiliki kredit macet. Selain itu BPR Restu Klepu Makmur juga di awasi oleh OJK selaku pemegang otoritas dalam pengaturan dan pengawasan perbankan. Jadi masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk menyimpan dana di BPR Restu Klepu Makmur, karena selain di jamin LPS dan diawasi OJK masyarakat masih dapat menikmati berbagai manfaat lainnya.

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *